Tips memilih Pembersih Wajah Sesuai Karakteristik Kulit

  • 1 min read
  • Apr 08, 2020

Tips memilih Pembersih Wajah Sesuai Karakteristik Kulit

Agar produk yang telah dibeli tidak berakhir sia-sia pastikan produk yang dibeli sesuai jenis kulit dan karakter Anda.

Facial wash:

Selalu pilih sabun wajah yang mengandung pelembap dan tidak meninggalkan rasa kesat. Hindari sabun wajah yang mengandung butiran scrub. Gunakan scrub secara terpisah setiap seminggu sekali.

Susu pembersih:

“Untuk usia 30 tahun ke atas, bersihkan wajah menggunakan susu pembersih. Apalagi jika Anda sering ber-make up, “saran Juliana Yu, MD.H. Cosmetologist, CIBTAC, BABTAC, IPTI, ITAC, CIDESCO Dip Int’L. Pada usia dewasa ini, kelenjar minyak akan menurun karena proses penuaan kulit. Kulit jadi mudah kering dan terasa ‘ditarik’ setelah mencuci wajah. Wajah tidak akan bersih maksimal dari make up hanya dengan facial wash. Pilih susu pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit. Di pasaran, ada 3 jenis: cleansing cream untuk kulit berminyak, cleansing lotion untuk kulit sensitif, dan cleansing milk untuk kulit normal cenderung kering.

Cleansing oil:

“Pembersih ini lebih sering dikenal dengan nama two paste cleanser dan tidak dianjurkan untuk kulit berjerawat.” tegas Juliana. Cleansing oil umumnya digunakan untuk mengangkat make up yang sangat tebal. Gunakan jika sangat dibutuhkan. Tidak dianjurkan digunakan tiap hari. Pilih cleansing oil yang memiliki molekul jenis nano yang mudah diserap kulit, tidak meninggalkan residu pada kulit, dan dapat mengangkat kotoran serta make up lebih cepat.

Micellar water:

Produk pembersih ini bertekstur cair dan bening untuk membersihkan seluruh area wajah, termasuk kelopak mata, tanpa meninggalkan rasa kering dan tak perlu dibilas sesudahnya. Rahasia micellar water adalah micelles, molekul minyak mikroskopis yang lembut. Micelles bisa menarik kotoran dan minyak, sekaligus menghidrasi kulit. Cairan ini tidak mengandung alkohol sehingga dapat digunakan untuk pemilik kulit sensitif serta kulit yang sangat kering karena formulanya yang lembut.